Teori Komputer (kalo ga lengkap tolong di lengkapkan) ^^

Posted: January 22, 2008 in Teori komputer

Sejarah Komputer

 

Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.

…(klik untuk lihat selanjutnya)

Comments
  1. labskk2 says:

    Sejarah Komputer

    Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.

    Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan
    pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang mennghubungkan berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan kedalam 4 golongan besar.
    1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor
    terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
    2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan
    dengan tangan secara manual
    3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis
    oleh motor elektronik
    4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh Tulisan ini akan
    memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa, terutama alat
    pengolah data pada golongan 2, 3, dan 4. Klasifikasi komputer berdasarkan Generasi juga
    akan dibahas secara lengkap pada tulisan ini.

    ALAT HITUNG TRADISIONAL dan KALKULATOR MEKANIK
    Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.

    Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya.
    Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642,
    Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.

    Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.
    Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.
    Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat
    menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I.
    Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal. Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seoarng profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi
    serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Mesin uap Babbage, walaupun tidak pernah selesai dikerjakan, tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi
    (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut.
    Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.

    Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dpat ditekan secara drastis. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualny ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembac kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dn pemerintahan untuk permrosesan data hingga tahun 1960.
    Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat p enemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner
    aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.

    KOMPUTER GENERASI PERTAMA
    Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali

    Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

    Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
    Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.

    Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
    Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.

    Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil
    mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
    Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

    Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dn silinder magnetik untuk penyimpanan data.

    KOMPUTER GENERASI KEDUA
    Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.

    Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

    Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
    Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapa tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.
    Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

    KOMPUTER GENERASI KETIGA
    Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

    KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
    Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

    Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.
    Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah.
    Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

    Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

    IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple
    Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
    Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputerkomputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

    KOMPUTER GENERASI KELIMA
    Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
    Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang
    dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhan. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung. Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.
    Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
    Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

    Penemu komputer mesin pertama kali: Charles Babbage (26 Desember 1791 – 18 Oktober 1871) adalah seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya — namun tidak selesai — kini dapat dilihat di Musium Sains London. Pada tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang mesin ini memang dapat diimplementasikan.

    Membangun Jariingan Komputer:
    Mengenall Hardware dan Topollogii
    Jariingan

    1. Pendahuluan
    Sejak memasyarakatnya Internet dan dipasarkannya sistem operasi Windows95 oleh Microsoft,
    menghubungkan beberapa komputer baik komputer pribadi (PC) maupun server dengan sebuah
    jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi
    sebuah hal yang biasa. Demikian pula dengan konsep “downsizing” maupun “lightsizing” yang
    bertujuan menekan anggaran belanja khususnya peralatan komputer, maka sebuah jaringan
    merupakan satu hal yang sangat diperlukan. Dalam makalah ini akan dibahas sebagian
    komponen yang diperlukan untuk membuat sebuah jaringan komputer.
    2. Sejarah Jaringan
    Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek
    pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University
    yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan
    sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses
    tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga
    beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.
    Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer,
    maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. (Lihat Gambar 1.) Untuk itu
    ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time
    Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan.
    Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam
    proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang
    pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

    Gambar 1. Jaringan komputer model TSS

    Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat
    komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi
    (Distributed Processing). Seperti pada Gambar 2., dalam proses ini beberapa host komputer
    mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang
    tersambung secara seri disetiap host komputer. Dala proses distribusi sudah mutlak diperlukan
    perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses
    yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam
    satu perintah dari komputer pusat.

    Gambar 2. Jaringan komputer model distributed processing.

    Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses
    distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari
    mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System)
    saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal
    yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka
    sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa

    3. Model referensi OSI dan Standarisasi
    Untuk menyelenggarakan komunikasi berbagai macam vendor komputer diperlukan sebuah
    aturan baku yang standar dan disetejui berbagai fihak. Seperti halnya dua orang yang berlainan
    bangsa, maka untuk berkomunikasi memerlukan penerjemah/interpreter atau satu bahasa yang
    dimengerti kedua belah fihak. Dalam dunia komputer dan telekomunikasi interpreter identik
    dengan protokol. Untuk itu maka badan dunia yang menangani masalah standarisasi ISO
    (International Standardization Organization) membuat aturan baku yang dikenal dengan nama
    model referensi OSI (Open System Interconnection). Dengan demikian diharapkan semua
    vendor perangkat telekomunikasi haruslah berpedoman dengan model referensi ini dalam
    mengembangkan protokolnya.
    Model referensi OSI terdiri dari 7 lapisan, mulai dari lapisan fisik sampai dengan aplikasi.
    Model referensi ini tidak hanya berguna untuk produk-produk LAN saja, tetapi dalam
    membangung jaringan Internet sekalipun sangat diperlukan. Hubungan antara model referensi
    OSI dengan protokol Internet bisa dilihat dalam Tabel 1.

    Table 1. Hubungan referensi model OSI dengan protokol Internet.

    Standarisasi masalah jaringan tidak hanya dilakukan oleh ISO saja, tetapi juga diselenggarakan
    oleh badan dunia lainnya seperti ITU (International Telecommunication Union), ANSI
    (American National Standard Institute), NCITS (National Committee for Information
    Technology Standardization), bahkan juga oleh lembaga asosiasi profesi IEEE (Institute of
    Electrical and Electronics Engineers) dan ATM-Forum di Amerika. Pada prakteknya bahkan
    vendor-vendor produk LAN bahkan memakai standar yang dihasilkan IEEE. Kita bisa lihat
    misalnya badan pekerja yang dibentuk oleh IEEE yang banyak membuat standarisasi peralatan
    telekomunikasi seperti yang tertera pada Tabel 2.

    Tabel 2. Badan pekerja di IEEE

    4. Ethernet
    Ethernet adalah sistem jaringan yang dibuat dan dipatenkan perusahaan Xerox. Ethernet adalah
    implementasi metoda CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection)
    yang dikembangkan tahun 1960 pada proyek wireless ALOHA di Hawaii University diatas
    kabel coaxial. Standarisasi sistem ethernet dilakukan sejak tahun 1978 oleh IEEE. (lihat Tabel
    2.) Kecepatan transmisi data di ethernet sampai saat ini adalah 10 sampai 100 Mbps. Saat in
    yang umum ada dipasaran adalah ethernet berkecepatan 10 Mbps yang biasa disebut seri 10Base.
    Ada bermacam-macam jenis 10Base diantaranya adalah: 10Base5, 10Base2, 10BaseT, dan
    10BaseF yang akan diterangkan lebih lanjut kemudian.

    Pada metoda CSMA/CD, sebuah host komputer yang akan mengirim data ke jaringan
    pertama-tama memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh host
    komputer lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain dan terjadi
    tabrakan (collision), maka host komputer tersebut diharuskan mengulang permohonan (request)
    pengiriman pada selang waktu berikutnya yang dilakukan secara acak (random). Dengan
    demikian maka jaringan efektif bisa digunakan secara bergantian.
    Untuk menentukan pada posisi mana sebuah host komputer berada, maka tiap-tiap perangkat
    ethernet diberikan alamat (address) sepanjang 48 bit yang unik (hanya satu di dunia). Informasi
    alamat disimpan dalam chip yang biasanya nampak pada saat komputer di start dalam urutan
    angka berbasis 16, seperti pada Gambar 3.

    Gambar 3. Contoh ethernet address.

    48 bit angka agar mudah dimengerti dikelompokkan masing-masing 8 bit untuk menyetakan
    bilangan berbasis 16 seperti contoh di atas (00 40 05 61 20 e6), 3 angka didepan adalah kode
    perusahaan pembuat chip tersebut. Chip diatas dibuat oleh ANI Communications Inc. Contoh
    vendor terkenal bisa dilihat di Tabel 3, dan informasi lebih lengkap lainnya dapat diperoleh di
    http://standards.ieee.org/regauth/oui/index.html
    Tabel 3. Daftar vendor terkenal chip ethernet

    Dengan berdasarkan address ehternet, maka setiap protokol komunikasi (TCP/IP, IPX,
    AppleTalk, dll.) berusaha memanfaatkan untuk informasi masing-masing host komputer
    dijaringan.
    A. 10Base5
    Sistem 10Base5 menggunakan kabel coaxial berdiameter 0,5 inch (10 mm) sebagai
    media penghubung berbentuk bus seperti pad Gambar 4. Biasanya kabelnya berwarna
    kuning dan pada kedua ujung kebelnya diberi konsentrator sehingga mempunyai
    resistansi sebesar 50 ohm. Jika menggunakan 10Base5, satu segmen jaringan bisa
    sepanjang maksimal 500 m, bahkan jika dipasang penghubung (repeater) sebuah
    jaringan bisa mencapai panjang maksimum 2,5 km.
    Seperti pada Gambar 5, antara NIC (Network Interface Card) yang ada di komputer
    (DTE, Data Terminal Equipment) dengan media transmisi bus (kabel coaxial)-nya
    diperlukan sebuah transceiver (MAU, Medium Attachment Unit). Antar MAU dibuat
    jarak minimal 2,5 m, dan setiap segment hanya mampu menampung sebanyak 100 unit.
    Konektor yang dipakai adalah konektor 15 pin.

    Gambar 4. Jaringan dengan media 10Base5.

    Gambar 5. Struktur 10Base5.

    B. 10Base2
    Seperti pada jaringan 10Base5, 10Base2 mempunyai struktur jaringan berbentuk bus.
    (Gambar 6). Hanya saja kabel yang digunakan lebih kecil, berdiameter 5 mm dengan
    jenis twisted pair. Tidak diperlukan MAU kerena MAU telah ada didalam NIC-nya
    sehingga bisa menjadi lebih ekonomis. Karenanya jaringan ini dikenal juga dengan
    sebutan CheaperNet. Dibandingkan dengan jaringan 10Base5, panjang maksimal
    sebuah segmennya menjadi lebih pendek, sekitar 185 m, dan bisa disambbung sampai 5
    segmen menjadi sekitar 925 m. Sebuah segmen hanya mampu menampung tidak lebih
    dari 30 unit komputer saja. Pada jaringan ini pun diperlukan konsentrator yang
    membuat ujung-ujung media transmisi busnya menjadi beresistansi 50 ohm. Untuk jenis
    konektor dipakai jenis BNC.

    Gambar 6. Jaringan dengan media 10Base5.

    Gambar 7. Struktur 10Base2.

    C. 10BaseT
    Berbeda dengan 2 jenis jaringan diatas, 10BaseT berstruktur bintang (star) seperti
    terlihat di Gambar 8. Tidak diperlukan MAU kerena sudah termasuk didalam NIC-nya.
    Sebagai pengganti konsentrator dan repeater diperlukan hub karena jaringan berbentuk
    star. Panjang sebuah segmen jaringan maksimal 100 m, dan setiap hub bisa
    dihubungkan untuk memperpanjang jaringan sampai 4 unit sehingga maksimal
    komputer tersambung bisa mencapai 1024 unit.

    Gambar 8. Jaringan dengan media 10BaseT.

    Gambar 9. Struktur 10BaseT.
    Menggunakan konektor modular jack RJ-45 dan kabel jenis UTP (Unshielded Twisted
    Pair) seperti kabel telepon di rumah-rumah. Saat ini kabel UTP yang banyak digunakan
    adalah jenis kategori 5 karena bisa mencapai kecepatan transmisi 100 Mbps.
    Masing-masing jenis kabel UTP dan kegunaanya bisa dilihat di Table 4.
    Tabel 4. Jenis kabel UTP dan aplikasinya.

    D. 10BaseF
    Bentuk jaringan 10BaseF sama dengan 10BaseT yakni berbentuk star. Karena
    menggunakan serat optik (fiber optic) untuk media transmisinya, maka panjang jarak
    antara NIC dan konsentratornya menjadi lebih panjang sampai 20 kali (2000 m).
    Demikian pula dengan panjang total jaringannya. Pada 10BaseF, untuk transmisi output
    (TX) dan input (RX) menggunakan kabel/media yang berbeda.
    Gambar 10. Struktur 10BaseF.

    Gambar 11. Foto NIC jenis 10Base5, 10Base2, dan 10BaseT.
    E. Fast Ethernet (100BaseT series)
    Selai jenis NIC yang telah diterangkan di atas, jenis ethernet chip lainnya adalah seri
    100Base. Seri 100Base mempunyai beragam jenis berdasarkan metode akses datanya
    diantaranya adalah: 100Base-T4, 100Base-TX, dan 100Base-FX. Kecepatan transmisi
    seri 100Base bisa melebihi kecepatan chip pendahulunya (seri 10Base) antara 2-20 kali
    (20-200 Mbps). Ini dibuat untuk menyaingi jenis LAN berkecepatan tinggi lainnya
    seperti: FDDI, 100VG-AnyLAN dan lain sebagainya.

    5. Desain Jaringan
    Pada saat kita telah mengetahui perangkat pendukung untuk membangun sebuah jaringan, maka
    langkah selanjutnya adalah mendesain jaringan sesuai yang kita perlukan. Apakah jaringan yang
    akan kita bangun akan berbentuk garis lurus (bus), bintang (star), lingkaran (ring), ataukah
    jaring (mesh) yang paling rumit? Juga apakah kecepatan transmisi jaringan kita merupakan
    jaringan rendah sampai menengah (beberapa M s/d 20Mbps), jaringan berkecepatan tinggi
    (ratusan Mbps) atau berkecepatan ultra tinggi (lebih dari 1Gbps)? Demikian pula media apa
    yang akan kita gunakan, apakai berbentuk jaringan kabel (wireline) atau memanfaatkan
    gelombang radio (wireless)? Yang terakhir, apakah jaringan kita untuk jaringan utama
    (backbone LAN) ataukah jaringan biasa (floor LAN) yang tentu saja memerlukan prasarana
    yang berbeda. Mungkin Tabel 5 bisa dibuat sebagai referensinya.

    Tabel 5. Faktor-faktor mendesain LAN

    TEKNOLOGI JARINGAN TEKNOLOGI JARINGAN
    KOMPUTER KOMPUTER

    Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap
    perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di
    dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu
    jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung
    dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya
    perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa
    tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet
    berlipat ganda.

    C. Jaringan komputer
    1. Pengertian
    Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan
    peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui
    kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat
    saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan
    bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan
    jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan
    jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua,
    puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
    Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang
    saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi
    sumber daya misalnya CDROM, Printer, pertukaran file, atau
    memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer
    yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel,
    saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah.

    2. Jenis-Jenis jaringan
    Ada 3 macam jenis Jaringan/Network yaitu :
    a. Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal.
    Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif
    kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah
    perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak
    jauh dari sekitar 1 km persegi.
    Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya di
    jadikan sebuah file server. Yang mana digunakan untuk menyimpan
    perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun
    sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputerkomputer
    yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer
    yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut
    dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah
    dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya
    selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media
    kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer
    lainnya.
    b. Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan
    Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN,
    misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan
    2 menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam
    lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank
    dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota
    besar dihubungkan antara satu dengan lainnya.
    Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Ujung Pandang atau
    Surabaya.
    c. Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar
    Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya
    biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut
    sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia
    ataupun yang ada di Negara-negara lain.
    Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di Bandung
    bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya
    dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat
    kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara
    LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Tapi
    bagaimanapun juga antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak
    berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda
    satu diantara yang lainnya.

    3. Protokol
    Protokol adalah aturan-aturan main yang mengatur komunikasi
    diantara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan, aturan itu termasuk
    di dalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara atau metode mengakses
    sebuah jaringan, topologi fisik, tipe-tipe kabel dan kecepatan transfer data.
    Protokol-Protokol yang dikenal adalah sebagai berikut :
    1. Ethernet
    2. Local Talk
    3. Token Ring
    4. FDDI
    5. ATM

    Ethernet
    Protocol Ethernet sejauh ini adalah yang paling banyak digunakan,
    Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD (Carrier Sense
    Multiple Access/Collision Detection). Sistem ini menjelaskan bahwa setiap
    komputer memperhatikan ke dalam kabel dari network sebelum mengirimkan
    sesuatu ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktifitas atau bersih komputer
    akan mentransmisikan data, jika ada transmisi lain di dalam kabel, komputer akan
    menunggu dan akan mencoba kembali transmisi jika jaringan telah bersih.
    kadangkala dua buah komputer melakukan transmisi pada saat yang sama, ketika
    hal ini terjadi, masing-masing komputer akan mundur dan akan menunggu
    kesempatan secara acak untuk mentransmisikan data kembali. metode ini dikenal
    dengan koalisi, dan tidak akan berpengaruh pada kecepatan transmisi dari
    network.
    Protokol Ethernet dapat digunakan untuk pada model jaringan Garis
    lurus , Bintang, atau Pohon . Data dapat ditransmisikan melewati kabel twisted
    pair, koaksial, ataupun kabel fiber optic pada kecepatan 10 Mbps.

    LocalTalk
    LocalTalk adalah sebuh protokol network yang di kembangkan oleh Apple
    Computer, Inc. untuk mesin-mesin komputer Macintosh . Metode yang digunakan
    oleh LocalTalk adalah CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision
    Avoidance). Hampir sama dengan CSMA/CD.. Adapter LocalTalk dan cable
    twisted pair khusus dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer
    melewati port serial. Sistem Operasi Macintosh memungkinkan koneksi secara
    jaringan peer-to-peer tanpa membutuhkan tambahan aplikasi khusus
    Protokol LocalTalk dapat digunakan untuk model jaringan Garis Lurus ,
    Bintang , ataupun model Pohon dengan menggunakan kabel twisted pair .
    Kekurangan yang paling mencolok yaitu kecepatan transmisinya. Kecepatan
    transmisinya hanya 230 Kbps.

    Token Ring

    Protokol Token di kembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980.
    Metode Aksesnya melalui lewatnya sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti
    Cincin . Dalam lingkaran token, komputer-komputer dihubungkan satu dengan
    yang lainnya seperti sebuah cincin. Sebuah Sinyal token bergerak berputar dalam
    sebuah lingkaran (cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari sebuah
    komputer-menuju ke komputer berikutnya, jika pada persinggahan di salah satu
    komputer ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token akan mengangkutnya
    ke tempat dimana data itu ingin ditujukan, token bergerak terus untuk saling
    mengkoneksikan diantara masing-masing komputer.
    Protokol Token Ring membutuhkan model jaringan Bintang dengan
    menggunakan kabel twisted pair atau kabel fiber optic . Dan dapat melakukan
    kecepatan transmisi 4 Mbps atau 16 Mbps. Sejalan dengan perkembangan
    Ethernet, penggunaan Token Ring makin berkurang sampai sekarang.

    FDDI

    Fiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah sebuah Protokol jaringan
    yang menghubungkan antara dua atau lebih jaringan bahkan pada jarak yang jauh
    . Metode aksesnyayang digunakan oleh FDDI adalah model token . FDDI
    menggunakan dua buah topologi ring secara fisik. Proses transmisi baiasanya
    menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah ditemukan akan secara
    otomatis menggunakan ring yang kedua.

    ATM
    ATM adalah singkatan dari Asynchronous Transfer Mode (ATM) yaitu
    sebuah protokol jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155 Mbps atau
    lebih . ATM mentarnsmisikan data kedalam satu paket dimana pada protokol yang
    lain mentransfer pada besar-kecilnya paket. ATM mendukung variasi media
    seperti video, CD-audio, dan gambar. ATM bekerja pada model topologi Bintang
    , dengan menggunakan Kabel fiber optic ataupun kabel twisted pair . ATM pada
    umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN . dia juga banyak
    dipakai oleh Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan
    akses Internet untuk klien mereka.
    Kesimpulan untuk Protokol :

    4. Perangkat keras yang diperlukan
    Perangkat keras yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan
    komputer yaitu : Komputer, Card Network, Hub, dan segala sesuatu yang
    berhubungan dengan koneksi jaringan seperti: Printer, CDROM, Scanner,
    Bridges, Router dan lainnya yang dibutuhkan untuk process transformasi
    data didalam jaringan.

    File Servers
    Sebuah file server merupakan jantungnya kebayakan Jaringan, merupakan
    komputer yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yang
    memiliki kapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi
    jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalamnya beberapa aplikasi dan data
    yang dibutuhkan untuk jaringan.
    Sebuah file server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara
    node/komponen dalam suatu jaringan. Sebagai contoh mengelola pengiriman file
    database atau pengolah kata dari workstation atau salah satu node, ke node yang
    lain, atau menerima email pada saat yang bersamaan dengan tugas yang
    lain….terlihat bahwa tugas file server sangat kompleks, dia juga harus menyimpan
    informasi dan membaginya secara cepat. Sehingga minimal sebuah file server
    mempunyai beberpa karakter seperti tersebut di bawah ini :
    . Processor minimal 166 megahertz atau processor yang lebih cepat lagi
    (Pentium Pro, Pentium II, PowerPC).
    . Sebuah Harddisk yang cepat dan berkapasitas besar atau kurang lebih 10GB
    . Sebuah RAID (Redundant Array of Inexpensive Disks).
    . Sebuah tape untuk back up data (contohnya . DAT, JAZ, Zip, atau CDRW)
    . Mempunyai banyak port network
    . Kartu jaringan yang cepat dan Reliabilitas
    . Kurang lebih 32 MB memori

    Workstations
    Keseluruhan komputer yang terhubung ke file server dalam jaringan
    disebut sebagai workstation. Sebuah workstation minimal mempunyai ; Kartu
    jaringan, Aplikasi jaringan (sofware jaringan), kabel untuk menghubungkan ke
    jaringan, biasanya sebuah workstation tidak begitu membutuhkan Floppy karena
    data yang ingin di simpan bisa dan dapat diletakkan di file server. Hampir semua
    jenis komputer dapat digunakan sebagai komputer workstation.

    Network Interface Cards (NIC) atau Kartu Jaringan
    Kartu Jaringan (NIC) merupakan perangkat yang menyediakan media
    untuk menghubungkan antara komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu
    inernal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.
    Beberapa komputer seperti komputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus
    yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada komputer
    notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot.
    Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah : kartu jaringan
    Ethernet, LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring. Yang saat ini
    populer digunakan adalah Ethernet, lalu diikuti oleh Token Ring, dan LocalTalk,

    Ethernet Card / Kartu Jaringan Ethernet
    Kartu jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan komputer, kecuali
    seperti komputer Macintosh yang sudah mengikutkan kartu jaringan ethernet
    didalamnya. kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi
    untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair, jika didesain untuk kabel
    koaksial konenektorya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair
    maka akan punya konektor RJ-45. Beberapa kartu jaringan ethernet kadang juga
    punya konektor AUI. Semua itu di koneksikan dengan koaksial, twisted
    pair,ataupun dengan kabel fiber optik.

    LocalTalk Connectors/Konektor LocalTalk
    LocalTalk adalah kartu jaringan buat komputer macintosh, ini
    menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke Port
    untuk printer. Kekurangan dari LocalTalk dibandingkan Ethernet adalah
    kecepatan laju transfer datanya, Ethernet bi Jaringan komputer bukanlah sesuatu
    yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk
    memperlancar arus informasi di dalam perudahaan tersebut. Internet yang mulai
    populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan
    jaringan komputer yang terhubungan dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat
    terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat,
    sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang
    tergabung dalam Internet berlipat ganda.asanya dapat sampai 10 Mbps, sedangkan
    LocalTalk hanya dapat beroperasi pada kecepatan 230 Kbps atau setara dengan
    0.23 Mps

    Token Ring Cards
    Kartu jaringan Token Ring terlihat hampir sama dengan Kartu jaringan Ethernet.
    Satu perbedaannya adalah tipe konektor di belakang KArtu jaringannya, Token
    Ring umumnya mempunyai tipe konektor 9 Pin DIN yang menyambung Kartu
    jaringan ke Kabel Network.
    Hub/Konsentrator

    Sebuah Konsentrator/Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel
    network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Dalam topologi
    Bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub.
    Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut
    nomor port dari card yang dituju.
    Ciri-ciri yang dimiliki Konsentrator adalah :
    . Biasanya terdiri dari 8, 12, atau 24 port RJ-45
    . Digunakan pada topologi Bintang/Star
    . Biasanya di jual dengan aplikasi khusus yaitu aplikasi yang mengatur
    manjemen port tersebut.
    . Biasanya disebut hub
    . Biasanya di pasang pada rak khusus, yang didalamnya ada Bridges, router

    Repeaters

    Contoh yang paling mudah adalah pada sebuah LAN menggunakan topologi
    Bintang dengan menggunakan kabel unshielded twisted pair. Dimana diketahui
    panjang maksimal untuk sebuah kabel unshileded twisted pair adalah 100 meter,
    maka untuk menguatkan sinyal dari kabel tersebut dipasanglah sebuah repeater
    pada jaringan tersebut.
    Bridges / Jembatan
    Adalah sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan kedalam dua
    buah jaringan, ini digunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimana
    kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya di perlukan jembatan untuk
    itu. Kebanyakan Bridges dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap
    segmen komputer pada jaringan sebelahnya dan juga pada jaringan yang lain di
    sebelahnya pula. Diibaratkan bahwa Bridges ini seperti polisi lalu lintas yang
    mengatur di persimpangan jalan pada saat jam-jam sibuk. Dia mengatur agar
    informasi di antara kedua sisi network tetap jalan dengan baik dan teratur. Bridges
    juga dapat di gunakan untuk mengkoneksi diantara network yang menggunakan
    tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula.,.
    Routers
    Sebuah Router mengartikan informaari dari satu jaringan ke jaringan yang lain,
    dia hampir sama dengan Bridge namun agak pintar sedikit, router akan mencari
    jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat
    tujuan dan alamat asal.
    Sementara Bridges dapat mengetahui alamat masing-masing komputer di
    masing-masing sisi jaringan, router mengetahui alamat komputerr, bridges dan
    router lainnya. router dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi mana
    yang paling sibuk dan dia bisa menarik data dari sisi yang sibuk tersebut sampai
    sisi tersebut bersih.
    Jika sebuah perusahaan mempunyai LAN dan menginginkan terkoneksi ke
    Internet, mereka harus membeli router. Ini berarti sebuah router dapat
    menterjemahkan informasi diantara LAN anda dan Internet. ini juga berarti
    mencarikan alternatif jalur yang terbaik untuk mengirimkan data melewati
    internet.
    Ini berarti Router itu :
    . Mengatur jalur sinyal secara effisien
    . Mengatur Pesan diantara dua buah protocol
    . Mengatur Pesan diantara topologi jaringan linear Bus dan Bintang(star)
    . Mengatur Pesan diantara melewati Kabel Fiber optic, kabel koaaksialm atau
    kabel twisted pair

    5. Topologi/Bentuk Jaringan
    Topologi suatu jaringan didasarkan pada cara penghubung sejumlah node
    atau sentral dalam membentuk suatu sistem jaringan. Topologi jaringan
    yang umum dipakai adalah : Mess, Bintang (Star), Bus, Tree, dan Cincin
    (Ring).

    a. Topologi Jaringan Mesh
    Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh.
    Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah
    jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan
    jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang.
    Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam
    pengoperasiannya.

    b. Topologi Jaringan Bintang (Star)
    Dalam topologi jaringan bintang, salah satu sentral dibuat sebagai sentral
    pusat. Bila dibandingkan dengan sistem mesh, sistem ini mempunyai
    tingkat kerumitan jaringan yang lebih sederhana sehingga sistem menjadi
    lebih ekonomis, tetapi beban yang dipikul sentral pusat cukup berat.
    Dengan demikian kemungkinan tingkat kerusakan atau gangguan dari
    sentral ini lebih besar.

    c. Topologi Jaringan Bus
    Pada topologi ini semua sentral dihubungkan secara langsung pada
    medium transmisi dengan konfigurasi yang disebut Bus. Transmisi sinyal
    dari suatu sentral tidak dialirkan secara bersamaan dalam dua arah. Hal ini
    berbeda sekali dengan yang terjadi pada topologi jaringan mesh atau
    bintang, yang pada kedua sistem tersebut dapat dilakukan komunikasi
    atau interkoneksi antar sentral secara bersamaan.
    topologi jaringan bus tidak umum digunakan untuk interkoneksi antar
    sentral, tetapi biasanya digunakan pada sistem jaringan komputer.

    d. Topologi Jaringan Pohon (Tree)
    Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat.
    Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan
    hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada
    lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin
    tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan
    komputer .
    e. Topologi Jaringan Cincin (Ring)
    Untuk membentuk jaringan cincin, setiap sentral harus dihubungkan seri
    satu dengan yang lain dan hubungan ini akan membentuk loop tertutup.
    Dalam sistem ini setiap sentral harus dirancang agar dapat berinteraksi
    dengan sentral yang berdekatan maupun berjauhan. Dengan demikian
    kemampuan melakukan switching ke berbagai arah sentral.
    Keuntungan dari topologi jaringan ini antara lain : tingkat kerumitan
    jaringan rendah (sederhana), juga bila ada gangguan atau kerusakan pada
    suatu sentral maka aliran trafik dapat dilewatkan pada arah lain dalam
    sistem.
    Yang paling banyak digunakan dalam jaringan komputer adalah jaringan
    bertipe bus dan pohon (tree), hal ini karena alasan kerumitan, kemudahan
    instalasi dan pemeliharaan serta harga yang harus dibayar.
    Tapi hanya jaringan bertipe pohon (tree) saja yang diakui kehandalannya
    karena putusnya salah satu kabel pada client, tidak akan mempengaruhi
    hubungan client yang lain.

  2. test says:

    maaf cuman test kirim

  3. W-cH's says:

    Woi, Banyak Bangetz c….

    heHeHeHe

  4. Devi says:

    weleh2 banyak bener pak Agus >.<

  5. Jordan says:

    pak kalo kasih tugas jangan sadis sadis!!pak

  6. blackphantom says:

    Pak..Tugasnya Bikin mabok saya…^^

    n dRU

  7. yehuda says:

    hehehe.. susah toh… ^^

    senengnya bpk,
    kalian smua memperhatikan pelajaran kompt.🙂
    jgn kuatir anak2 bpk melakukan semua nya itu untuk kepintaran kamu juga. ok

  8. W-cH's says:

    Wew…..

    Juga, teori relativitas yang bagus

    wkwk wkwk wkwk wkwk wkwk wkwk wkwk

  9. JaNe says:

    BuzeeTtT haha….Tgz kog sejibun sie?!!!!!HHax…^^

  10. Laksmi says:

    PakKKK!!TugAs JANgan BikIn OrNg MaBOk DonG PaKKKkk!!!!
    !!BiKin TAmBAh SeTrEsSss Aja NeHH BaPk!!

    gIlA SyA Pak LamA-LamA

    -LakSMi-

  11. Pak…TuGAsNYA GilE BuaNGET…
    SaYa jD PuSINg…..

    HhE…

  12. BILLY says:

    banyak banget pak??? mati muda nih… bisa gila lama2…

  13. Meliani says:

    busedh paQ maboQ saya,,
    jdi bngng pa jha neh,,
    uda kg ngrty lg dsuru nngp jha..
    puyenk”..

  14. MiTa says:

    Pa tugasnya bikin
    puyeng aja

  15. ZeuS says:

    GAH!! Tugasny bnyk amet!! Kasihanilah kami anak2 kelas 9 yg sbntr lge mnghadapi ujian..praktek np, pa’? Kq teori c??

  16. cHelSea says:

    pa..susaH amaT TugasNya..hehe..puyenK aye..TPi tak apa laH..bpk juga jaranG kok ksi tugaS ahahahahaha..ok tHa”

  17. yehuda says:

    hasil rabu tgl 30 Jan’08,
    astaga muridku… ckckck
    tapi terimakasih yang sudah membuat Tugas.. ^^ ada nilai plus tersendiri oc.

    dan yang sudah ujian hari ini.. nilai kamu ya segitu deh.. kamu sendiri yg menanggung kalo ga belajar..

  18. yehuda says:

    jam 18:17 OL sampai jam 19:00
    yehuda1086@yahoo.com

    yang mau tanya silahkan ^^

  19. Dj'q says:

    buseth…
    pak bnyak amad???wkwkwkwk…
    gmana yaq DON??
    jgn gila yha ndro..wkwkwk..

  20. pagg .
    tgs ny di suru ngp s?
    ga ngerti sya !
    ckck .
    malah pjg lbgt lga .
    bikin mata sya psing za .
    aws yha, kl sya ud kerjaen, ga taw ny sala bikin tgs !
    huahahahh .
    xp !

  21. michelle says:

    beuh pak..
    kurang tega ngasih tugaz..
    ampe puyenk ngeliatin tgz pnjg lebar gt..
    haduh”..gawad dah..bsok c pzti kgk bs..
    hhh..gubrak dhe..yoda lha..
    tha”..

  22. pak !
    sya ga taw mo ngerjaen ap .
    ckckck .

  23. yehuda says:

    ckckkc…
    tugas kamu semua:
    buat 10 soal dari artikel tsb, beserta jwb nya. pendek aja ga apa. tulis tangan ato ketik ga apa.

  24. SeCreAT.. says:

    AdUcH,Pa’…
    KpaLa Eke UdacH MowH PsceNG,,GaNaCh???
    KuRanGkaN LacH !!

    GaQ NgretI mSti TlIz Aps!!
    NiE MacH bIsCH 5 JemhG..

    BsQ mah GaQ BkaLan BiscA NgaPaleN..
    MeraH AJJ..

    HeCh..HeheheHehE..
    WdCH,..??!!

  25. hua ! mata sya lgsg akid biz bca tgs bpk !
    ckck .
    aws kl salah bikin !
    sya ga mo bikin ulang !
    swt !

  26. yehuda says:

    lg Ol nih yg mo tanya cepet..
    yehuda1078@hotmail.com

    sampai jam 10 an mungkin

  27. OJI 9B says:

    pak, tolooong, plis deh ya pak… kalo ngasih tugaz kira kira donk pak.. kepala saya ud mo meledak ne pak..

    pak, makaci bgd ya pak..

    giliran ga ada tugaz ci nyantai aje.. TAPI, giliran sekalinya ada tugaz, beeeeeeeehhhh…. susah bgd..

  28. Domi says:

    Cuuuaaappeeekk buanget deh pak, banyak banget, mendingan gak usah ulangan lah pak

    Pak, ni ulangan atau penyiksaan terbesar dr guru komp…
    pak, saya ga kuat baca segini byk, ngeliat ja, mata saya kaya uda mo copot dr tempat nya..

    jangan sadis donk pak.. mank bapak mau besok pagi nama bapak ada di koran pos kota n sindo..????
    ga mau kan, makanya pak, jangan sadis donk…

    pak, saya males baca nee, nanti yang ada saya pingsan lg pak, saya tidor ja ya pak… bisa setres ne pa gr2 nee… ok..

    zzzzzzzzZZZZZZZZZ….

    pak AGUS kasi tugas yang sangat sulit…

    anak2 males belajar, gr2 setres, bsk pd ga msk skul..

    OK.

    klik okezone.com

    wkwkwkwkwkwkwkwwkwkwkwk….

  29. Melda says:

    WDH pAk aDI jUAHAT bgt seeeeeeeh msa PRX Se jibun gene inget pakkkkkkkkkkkkkkkk bisa bisa otak aku pecah

  30. Indri says:

    Pak Adi emang sadiiiiiiiiiiiiiiiiis msa bikin pr susah bgt msti cri di komputer kan TEKORRRRRRRRRRRRRR Pak, Baru jga kelas satu udh bikin pala gw mo pecah……………………………..

  31. yenny says:

    bagi setiap org yg bca tlg lengkapi tentang port-port pada komputer keyyy!!!!!!!!!………………………………………..

  32. jojo says:

    pak agus saya maless kasi tugas kurang banyak wkakwakkwa~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s